Senin, 17 Desember 2007

Membacakan Buku Cerita : setiap Kamis sore

Selain Minggu sore ,Taman Bacaan Nuri dibuka Kamis sore pk.15.30 – 17.30.Ternyata pengunjung hari kamis berbeda dengan pengunjung Minggu sore .Ada anak-anak TPA Cahaya Ilahi dan juga anak-anak dari gang sebelah RT12/02 Menteng Dalam yang datang bergerombol dengan keributan khas anak-anak ,mulanya mereka malu-malu ,tapi sekarang mereka dah bisa bergabung.

Setiap Kamis ,Umi selalu membacakan buku cerita untuk anak-anak yang datang .Ternyata mereka senang loh dan selalu menagih Umi tuk bacain buku lagi. Tapi sebelum Umi bercerita syaratnya mereka harus memilih buku yang harus mereka baca sendiri dulu .Ho..ho… ini hanya upaya Umi aja agar mereka mau membaca ternyata berhasil.
Buku Cerita apa yang paling disukai anak-anak usia TK s/d SD ? Mereka sangat suka dengan buku cerita Fabel :cerita tentang hewan dan kehidupannya.

Untuk anak-anak TPA Cahaya Ilahi mereka lebih mudah diatur,mereka datang setelah selesai mengaji .Mereka Umi beri tugas memilih buku yang disukai dan membacanya ,lalu menceritakannya kembali isi buku tersebut.Pada awalnya mereka malu-malu dan belum mengeluarkan ekspresinya dalam menceritakannya kembali,mungkin belum biasa.Untuk kegiatan ini siapa yang berani maju ada hadiah nya loh.Ho..ho… ini juga upaya Umi agar mereka mau maju bercerita ,karena anak-anak akan bersemangat kalo mendapat hadiah .Tapi Umi yakin kalo kegiatan ini dilakukan dengan rutin mereka akan terbiasa untuk melakukan presentasi dari apa yang mereka baca .

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya berharap semoga anak-anak menjadikan buku-buku di Taman Bacaan Nuri sangat berharga untuknya, melebih barang-barang mainan miliknya. Apabila anak-anak melakukan dan mengikuti kebiasaan Umi untuk bercerita setiap hari, maka saya yakin mereka akan segera terkena virus “mencintai dan gemar membaca buku”. Amin.
Kegemaran untuk membaca buku sangatlah penting, dan yang lebih penting lagi adalah mereka dapat menceritakan (menjelaskan) dari apa yang telah mereka baca. Hal ini untuk melatih anak menangkap informasi yang terkandung di dalamnya. Karena buku (bacaan),
Melalui buku, sebuah karya manusia dapat terus dilestarikan. Dari buku pula peradaban manusia berkembang. Di dalam buku tersimpan rekaman-rekaman teori yang bisa melahirkan suatu teori baru.
Saya terharu dengan upaya-upaya Umi yang terus menggalakan kebiasaan membaca. Mengingat bahwa kemampuan membaca itu tidak terjadi secara otomatis. Namun karena didahului oleh aktivitas dan kebiasaan membaca yang merupakan wujud dari adanya minat membaca.

Ummi Baby mengatakan...

Wah senangnya saat upaya yg dilakukan mendapat dukungan ,Umi jd tambah semangat .Terima kasih Mas Awam